18. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Kembang

Penulis

  • Nurfa’izah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.2305

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian sejumlah 196 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala efikasi diri dan prestasi belajar. Hasil penelitian bahwa tingkat efikasi diri siswa menunjukkan kategori rendah (40,5%) dengan jumlah frekuensi 47 siswa. Sedangkan siswa lain mempunyai tingkat efikasi diri cukup tinggi (33,6 %) dengan jumlah frekuensi 39 siswa. Kemudian dalam angket prestasi belajar siswa menunjukkan kategori rendah (43,9 %) dengan jumlah frekuensi 51 siswa. Sedangkan siswa lain yang menunjukkan kategori cukup tinggi (40,5%) dengan jumlah frekuensi 47 siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kembang.

Kata kunci : efikasi diri, prestasi belajar, siswa SMA

Referensi

Adicondro Nobelina & Alfi Purnamasari. 2011. Efikasi diri,Dukungan Sosial Keluarga Dan Self Regulated Learing Pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, Vol. 8 No. 1 diakses 14 September 2021

Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammad Malang

Ardianti Isti, Siti Fitriana, & Suhendri. 2017. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Belajar Siswa Kelas X MA Walisongo Pecangaan Jepara. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang diakses 23 September 2021

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Fathurrohman Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras

Fatmala Lisa, Yusmansyah, dan Redi Eka Andrianto. 2018. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII.Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung diakses 1 Maret 2021

Ghufron M. Nur & Rini Risnawati S. 2017.Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hamdan. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hidayat Dede Rahmat. 2011. Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia

Januariastuti Tri Eka. 2017. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada SD Negeri Pulogebang 24 Pagi Jakarta Timur.Pedagogik. Vol. 5 No. 2 diakses 1 Maret 2021

Kompri. 2017. Belajar:Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi

Lodjo Fernando Stefanus. 2013. Pengaruh Pelatihan, Pemberdayaan dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal EMBA, Vol. 1 No.3, hal 747-755 diakses 9 September 2021

Noviariandhini Ayu Dinda & Melly Latifah. 2012. Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Prestasi Akademik Siswa SMA Pada Berbagai Model Pembelajaran. Vol. 5 No. 2, hal 138-146

Nurfadhilla Nona. 2020. Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Enlighten. Vol. 3 No. 1, hal 48-59

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014).Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogrov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kutosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 2(2), 127-135 diakses 16 Juni 2021

Permana Hara, Farida Harahap, dan Budi Astuti. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX Di MTS Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, Vol. 13 No. 1 diakses 14 September 2021

Priansa Juni Donni. 2018. Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta

Pudjiastuti Endang. 2012. Hubungan Self Efficacy Dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. Mimbar, Vol. XXVIII No. 1, hal103-112

Rahma Ayu Nuzulia. 2011. Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Islam, Vol. 8 No. 2, hal 231-246 diakses tanggal 7 September 2021

Rustika I Made. 2012. Efikasi Diri:Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, Vol 20 No. 1-2, hal 18-24

Santrock John W. 2007.Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Saraswati Apsari & Ika Zenita Ratnaningsih.2016. Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI SMK N 11 Semarang. Jurnal Empati, Vol. 5 No. 3, hal 430-434

Suseno Miftahun Ni’mah. 2009. Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Tehadap Efikasi Diri Sebagai Pelatih Pada Mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi, Vol. 1 No. 1 diakses 9 September 2021

Syafi’i Ahmad, Tri Marfiyanto, Siti Kholidatur Rodiyah. 2018. Study Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2. No.2 diakses 9 April 2021

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV Alfa Beta

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfa Beta

Supardi. 2019. Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang:UPGRIS Press

Widyaninggar Anggi Ajeng. 2014. Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus Of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif. Vol. 4. No. 2 diakses 9 September 2021

Diterbitkan

2023-04-03

Cara Mengutip

Nurfa’izah. (2023). 18. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA N 1 Kembang. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 334–341. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.2305

Citation Check