19. Peran Dukungan Sosial Guru BK Dengan Penyesuaian Diri Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.2307Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial Guru BK dengan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Institut Indonesia Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif koresional. Populasi penelitian ini sejumlah 164 siswa. Sampel yang di ambil adalah 116 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala psikologis. Hasil uji korelasi person product moment memperoleh hasil sebesar (r) = 0,392, r Hitung ≥ r tabel atau 0,392 ≥ 0,195 apabila dicocokan dengn tabel interpretasi menunjukan bahwa antara dukungan sosial Guru BK dengan penyesuaian diri memiliki tingkat hubungan yang rendah. Besar sumbangan variabel dukungan sosial Guru BK memberikan kontribusi sebesar 15,3% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan nilai signifikannya 4,546 lebih besar r tabel 0,195, berdasarkan penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial Guru BK dengan penyesuaian diri.
Kata kunci: penyesuaian diri, dukungan sosial Guru BK, siswa SMA
Referensi
Agustiani. 2009. Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja), Bandung : PT Refika Aditama.
Asmanasari, C. 2019. Peran Guru BK dalam Penyesuaian Diri Siswa Dengan Lingkungan Sekolah Baru di SMPN 1 KATINGAN TENGAH. Jurnal Inovasi BK, 1,2., 74.
Dianto, M. 2017. Profil Dukungan Sosial Orangtua Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care, 1(1), 42–51.
Ego, P. 2020. Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantauan di Universitas PGRI Semarang. Skripsi. Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Husna, N. 2020. Pengaruh Dukungaan Sosial Guru BK Terhadap Stres Akademik Siswa Kelas X di MAN 1 Medan dan Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Kirana, A & Agustini. 2018. Dukungan Sosial Guru Dalam Upaya Membimbing Kemandirian Anak Moderate Intellectual Disability. Jurnal Psikologi Pendidikan, volume 11, 21-40.
Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. 1, 11.
Siska, H. 2015. Peran Guru BK dalam Membantu Penyesuaian Diri Sosial Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 11 Padang. Skripsi. Sumatra Barat:STKIP PGRI Sumatra Barat.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wahyuni, A. 2015. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah. Jurnal Kopasta, volume 2(2), 91-96.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.