EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING SEMESTER 1 UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

Penulis

  • Taufik Agung Pranowo Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.31

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok
dengan teknik bermain peran dalam meningkatkan sikap prososial pada mahasiswa
bimbingan dan konseling semester 1 Universitas PGRI Yogyakarta. Desain penelitian ini
menggunakan penelitian eksperimen dengan metode one group pre test post test design,
yaitu membandingkan antara hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa bimbingan kelompok melalui teknik bermain peran efektif meningkatkan sikap
prososial pada mahasiswa bimbingan dan konseling semester 1 Universitas PGRI
Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan angka 0,005 pada Asymp. Sig. (2-tailed) maka
0,005 < 0,05. Melihat hasil tersebut maka bimbingan kelompok dengan teknik bermain
peran efektif untuk meningkatkan prososial mahasiswa bimbingan dan konseling
Universitas PGRI Yogyakarta semester 1.
Kata kunci: bimbingan, bermain peran, prososial

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

Pranowo, T. A. (2019). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING SEMESTER 1 UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i1.31

Citation Check