IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH

Penulis

  • Eny Kusumawati Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4380

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah implementasi permainan tradisional dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra eksperimen (pre eksperimen) dengan One Group Pretest - Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket, uji reliabilitas rumus yang digunakan dengan rumus alpha cronbac, sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini mengggunakan uji t-test dan hasil analisis uji t-tes. Subjek dari penelitian ini adalah 15 siswa kelas II SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling dapat ditingkatkan dengan mengimplementasikan permainan tradisional dalam layanan bimbingan dan konseling. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analis data menggunakan Uji T-tes dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000<0.05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretes dan postes. Hasil ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa implementasi permainan tradisional dapat meningkatkan minat siswa untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah

Diterbitkan

2022-12-24

Cara Mengutip

Eny Kusumawati. (2022). IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(01), 89–97. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4380

Citation Check