IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4380Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah implementasi permainan tradisional dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pra eksperimen (pre eksperimen) dengan One Group Pretest - Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket, uji reliabilitas rumus yang digunakan dengan rumus alpha cronbac, sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini mengggunakan uji t-test dan hasil analisis uji t-tes. Subjek dari penelitian ini adalah 15 siswa kelas II SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling dapat ditingkatkan dengan mengimplementasikan permainan tradisional dalam layanan bimbingan dan konseling. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analis data menggunakan Uji T-tes dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000<0.05, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretes dan postes. Hasil ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa implementasi permainan tradisional dapat meningkatkan minat siswa untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.