KONSTRUK DIMENSI KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Penulis

  • Novianti Retno Utami universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Khikmah Novitasari universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4385

Abstrak

Kecerdasan emosional merupakan salah satu kecerdasan yang dijadikan ukuran seseorang mencapai keberhasilan dalam hidupnya. Seseorang dengan kecerdasan emosional yang baik akan mampu mengekspresikan emosi, memahami, menggunakannya serta mengelola emosi. Pentingnya perhatian kecerdasan emosional pada anak usia dini belum diimbangi dengan ketersediaan instrument kecerdasan emosional terutama untuk anak usia 5–6 tahun. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruk dimensi kecerdasan emosional pada anak usia 5-6 tahun sebagai langkah awal dalam pengembangan instrument kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan yaitu literatur review dengan menggunakan 30 artikel yang kemudian direduksi sesuai dengan kebutuhan pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga dimensi kecerdasan emosional 1) pengetahuan emosi (emotional knowledge), 2) ekspresi emosi (emotional expression) dan 3) regulasi emosi (emotional regulation). Setiap dimensi terdiri dari tiga indikator dan lima sub indikator kecerdasan emosional yang dapat digunakan sebagai landasan untuk menilai tingkat kecerdasan emosional pada anak usia 5-6 tahun.

Diterbitkan

2022-12-24

Cara Mengutip

Novianti Retno Utami, & Khikmah Novitasari. (2022). KONSTRUK DIMENSI KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(01), 137–149. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i01.4385

Citation Check