Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik MTs NU 01 Hasyim Asyari Tarub Kabupaten Tegal

Penulis

  • Ira Palupi Inayah Ayuningtyas STKIP NU TEGAL, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4396

Abstrak

Tujuan penelitian mengetahui keadaan kesulitan belajar di MTS NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub dan upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data penelitian ini yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, koordinator BK dan siswa. Hasil penelitian menunjukan peran guru BK dalam mengatasi kesulitan belajar dengan melalui beberapa upaya diantaranya mengingatkan dan memberikan arahan yang positif kepada siswa, berkolaborasi dengan pengajar atau guru kelas, mendekati siswa dengan cara persuasive dan instruktif. Kesimpulannya Pelaksanaan layanan BK oleh guru BK MTS NU 01 Hasyim Asy'ari Tarub sudah baik, kerjasama dan kontribusi stake holder disekolah serta guru BK dalam menangani kesulitan belajar sudah efektif.

Kata kunci: peran guru bimbingan dan konseling, kesulitan belajar, peserta didik

Diterbitkan

2023-05-10

Cara Mengutip

Inayah Ayuningtyas, I. P. (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik MTs NU 01 Hasyim Asyari Tarub Kabupaten Tegal. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 406–413. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4396

Citation Check