FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA SISWA SMP MOTIVASI BERIBADAH NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN)
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.446Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pelaksanaan ibadah siswa, tingkat motivasi beribadah dan faktor yang mempengaruhi motivasi beribadah. Metode penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dan bertempat di SMP Negeri 1 Ngemplak. Waktu penelitian pada bulan April-Juni 2018 dengan siswa kelas VIII sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, display dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini 1) Pelaksanaan ibadah di SMP Negeri 1 Ngemplak meliputi a) ibadah shalat termasuk kategori Baik (77,31%) yang terdiri shalat lima waktu (85,42), shalat jama’ah (74,31), shalat sunah dhuha (72,22), b) ibadah doa termasuk kategori sangat baik (87,50%), c) ibadah puasa termasuk kategor Baik (71,50%) yang terdiri dari puasa ramadhan (80,56), puasa sunah (59,72) dan shalat tarawih (73,61) serta ibadah membaca al-Qur’an termasuk kategori Baik (76,00) yang terdiri membaca setiap hari (70,14), khatmil qur’an (81,48) dan kemampuan membaca dengan muratal (76,39). Sedangkan secara keseluruhan pelaksanaan ibadah shalat siswa termasuk kategori ‘Baik’ (78,03%). 3) Faktor yang mempengaruhi motivasi beribadah siswa adalah unsur instrinsik dan ekstrinsik.
Kata kunci: faktor-faktor, motivasi beribadah, siswa SMP
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.