INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ANAK DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI RAUDHATUL ATHFAL KECAMATAN TEMON)
DOI:
https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.453Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran pelaksanaan permainan di RA dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi. (2)internalisasi nilai-nilai toleransi melalui permainan anak. (3) Permainan yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai toleransi pada anak. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, anak-anak di Raudhatul Athfal I Sindutan dan kepala sekolah, guru, anak-anak, dan orang tua di Raudhatul Athfal Sindutan 2. Adapun temuan-temuan dalam penelitian ini adalah : (1) Permainan anak dilakukan dengan fleksibel dan spontan pada saat anak-anak istirahat. (2) Nilai-nilai toleransi dapat tertanam saat anak-anak bersosialisasi dan berinteraksi serta berkomunikasi dengan teman saat mereka bermain. (3) Nilai toleransi banyak ditemukan pada permainan yang melibatkan banyak pemain atau permainan berkelompok dan pada permainan tradisional.
Kata kunci: toleransi, anak usia dini, permainan anak
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.