7. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di MAN 1 Medan
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4543Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MAN 1 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu gambaran tentang apa yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian adalah guru BK, wali kelas dan siswa kelas X IIK. Sumber data didapatkan melalui sumber primer dan sekunder. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan model Miles and Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini kedisiplinan belajar siswa memiliki tiga faktor yaitu manajemen waktu, teman sebaya dan pengendalian diri. Untuk mengatasi faktor tersebut guru BK melakukan layanan bimbingan kelompok terhadap siswa yang memiliki rendahnya kedisiplinan belajar. Kesimpulan penelitian, dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dapat membantu siswa mengatur waktu belajar dengan efektif, merealisasikan pertemanan sebaya dan dapat mengendalikan diri saat belajar.
Kata kunci: bimbingan kelompok, meningkatkan, kedisiplinan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jumli Sabrial Harahap, Ahmad Syarqawi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.