PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 MELALUI BIMBINGAN INDIVIDUAL DAN KELOMPOK PADA SEKOLAH WILAYAH BINAAN III SMP KABUPATEN BOYOLALI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018 /2019

Penulis

  • Danto Kris Suwarno Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.457

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 melalui pemberian bimbingan Individual dan Kelompok bagi guru Binaan III SMP Sub Boyolali Kabupaten Boyolali. Penelitian diadakan pada bulan Januari 2019 dan diakhiri pada bulan April 2014. Tempat dilaksanakan penelitian di SMP Negeri 4 Boyolali, SMP Negeri 1 Cepogo, SMP Negeri 2 Cepogo, dan SMP Negeri 3 Cepogo Kabupaten Boyolali. Subyek penelitian yaitu guru mata pelajaran kelas VII, SMP Negeri 4 Boyolali, SMP Negeri 1 Cepogo, SMP Negeri 2 Cepogo, dan SMP Negeri 3 Cepogo Kabupaten Boyolali. Penelitian tindakan sekolah ini menggunakan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, dan observasi maupun refleksi. Hasil penelitian ini, pemberian bimbingan individu dan kelompok dapat meningkatkan kemampuan dalam penilaian autentik kurikulum 2013 bagi guru daerah binaan III SMP Boyolali Kabupaten Boyolali dengan tingkat kemampuan dalam penilaian autentek kurikulum 2013 secara rata-rata meningkat 20,25% peningkatan kemampuan ini sangat memuaskan.
Kata kunci: kemampuan guru, kurikulum 2013, kabupaten boyolali

Diterbitkan

2020-01-06

Cara Mengutip

Kris Suwarno, D. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 MELALUI BIMBINGAN INDIVIDUAL DAN KELOMPOK PADA SEKOLAH WILAYAH BINAAN III SMP KABUPATEN BOYOLALI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018 /2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.457

Citation Check