9. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Efektifitas Pelaksanaan Magang Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dengan Menggunakan Metode CIPP

Penulis

  • Rezki Amalia Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Arman Bin Anuar Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Ainul Fahmi Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4587

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektifitas pelaksanaan kegiatan MBKM magang  mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling yang ditinjau dari model context, input, process, product (CIPP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini ialah mahasiswa, penyelenggara kegiatan, serta laporan akhir magang mahasiswa. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan posisi pekerjaan yang diduduki mahasiswa telah sesuai dengan tuntutan dari tujuan magang (context). Sarana dan peralatan mendukung, sumber daya manusia, dana/anggaran, prosedur serta kerjasama yang dilakukan pihak kampus dan mitra terjalin dengan baik (input). Peran DPL serta supervisor pada kegiatan magang sangat membantu ketika mahasiswa mendapat hambatan sehingga kegiatan berjalan lancar (process). Kegiatan ini memberikan manfaat kepada mahasiswa karena memperoleh ilmu dan pengalaman baru yang tidak didapatkan di perkuliahan sehingga dapat disimpulkan kegiatan magang ini terlaksana dengan efektif (product).

Kata kunci: MBKM, magang, CIPP

Diterbitkan

2023-04-03

Cara Mengutip

Rezki Amalia, Anuar, A. B., & Fahmi, A. (2023). 9. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Efektifitas Pelaksanaan Magang Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dengan Menggunakan Metode CIPP. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 239–251. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4587

Citation Check