9. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Efektifitas Pelaksanaan Magang Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Dengan Menggunakan Metode CIPP
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4587Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektifitas pelaksanaan kegiatan MBKM magang mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling yang ditinjau dari model context, input, process, product (CIPP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini ialah mahasiswa, penyelenggara kegiatan, serta laporan akhir magang mahasiswa. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif kemudian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan posisi pekerjaan yang diduduki mahasiswa telah sesuai dengan tuntutan dari tujuan magang (context). Sarana dan peralatan mendukung, sumber daya manusia, dana/anggaran, prosedur serta kerjasama yang dilakukan pihak kampus dan mitra terjalin dengan baik (input). Peran DPL serta supervisor pada kegiatan magang sangat membantu ketika mahasiswa mendapat hambatan sehingga kegiatan berjalan lancar (process). Kegiatan ini memberikan manfaat kepada mahasiswa karena memperoleh ilmu dan pengalaman baru yang tidak didapatkan di perkuliahan sehingga dapat disimpulkan kegiatan magang ini terlaksana dengan efektif (product).
Kata kunci: MBKM, magang, CIPP
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rezki Amalia, Arman Bin Anuar, Ainul Fahmi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.