URGENSI PROGRAM SERTA KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING

Penulis

  • Edy Legowo Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Agus Tri Susilo Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia
  • Ma’rifatin Indah Kholili Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.459

Abstrak

Problematika yang dialami praktisi di bidang bimbingan dan konseling selama ini adalah pengembangan program yang masih bersifat konvensional. Perlu dilakukan upaya oleh akademisi untuk memberikan pendampingan agar guru bimbingan dan konseling paham mengenai program yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Melalui pemahaman mengenai penyusunan program berbasis kebutuhan (pengembangan kompetensi siswa) maka paradigma bimbingan dan konseling yang hanya bertugas mengatasi masalah siswa dapat diubah. Sudut pandang kedepannya penyusunan program BK berbasis kompetensi bukan berbasih masalah. Harapannya program yang tersusun dapat tepat sasaran dan mengubah mind set mereka melalui kegiatan workshop dan pendampingan pengembangan program BK berbasis standar kompetensi siswa.
Kata Kunci : kompetensi siswa, kurikulum, program BK

Diterbitkan

2020-01-06

Cara Mengutip

Legowo, E., Tri Susilo, A., & Indah Kholili, M. (2020). URGENSI PROGRAM SERTA KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.459

Citation Check

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama