14. Pengembangan Dan Validasi Skala Resiliensi Akademik

Penulis

  • Muwakhidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ayong Lianawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Hartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Yuanita Puspitasari SMP Negeri 15 Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4605

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi skala resiliensi akademik siswa SMP dan SMA. Metodologi dalam penelitian ini mempergunakan kuantitatif, dengan kuesioner skala Likert 4 poin. Sampel dalam penelitian 850 siswa SMP dan SMA se-kota Surabaya. Analisis data menggunakan model Rasch, yaitu perangkat lunak Winsteps. Hasil analisis menunjukkan indeks reliabilitas responden sebesar 0,76, indeks reliabilitas item sebesar 0,87. Sudut polaritas butir soal menunjukkan bahwa setiap butir dapat memberikan kontribusi terhadap resiliensi siswa karena nilai korelasi point-measure setiap butir antara 0,49 sampai dengan 0,75. Tes idealitas butir pada instrumen menunjukkan garis besar butir dapat digunakan. Hasil uji keberfungsian butir soal tidak ada soal yang bias dalam menilai tingkat resiliensi akademik. Butir skala resiliensi memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengukur resiliensi akademik. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa skala resiliensi akademik memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas, sehingga skala resiliensi akademik valid dan reliabel untuk mengukur tingkat resiliensi siswa.

Kata kunci: valiadasi, skala resiliensi akademik, siswa SMP dan SMA

Diterbitkan

2023-04-03

Cara Mengutip

Muwakhidah, Ayong Lianawati, Hartono, & Yuanita Puspitasari. (2023). 14. Pengembangan Dan Validasi Skala Resiliensi Akademik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 290–299. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4605

Citation Check