15. Program Bimbingan Klasikal Berbasis Online Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Perserta Didik

Penulis

  • Mualwi Widiatmoko Universitas Math’laul Anwar Banten, Indonesia
  • Fadhila Malasari Ardini Universitas Math’laul Anwar Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4653

Abstrak

Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu kemampuan yang dapat dijadikan sebagai salah satu modal bagi peserta didik dimasa depan dalam beradaptasi dengan pesatnya perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang saat ini dirasakan sangat memberikan kontribusi dalam setiap aspek kehidupan manusia terutama dalam dunia pendidikan dan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen,dan bertujuan untuk menguji tingkat efektivitas bimbingan klasikal berbasis online untuk meningkatkan HOTS. Instrumen yang digunakan pada penelitian in adalah angket HOTS yang memiliki 44 item pernyataan. Populasi pada penelitian ini berjumlah 125 orang, dan sampelnya berjumlah 60 orang peserta didik. Hasil pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MAN 2 Pandeglang tahun ajaran 2021-2022 mayoritas berada pada kategori sedang atau Middle Order Thinking Skills (MOTS). Berdasarkan hasil perhitungan statistik dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan klasikal berbasis online efektif untuk meningkatkan HOTS peserta didik kelas XII MAN 2 Pandeglang. Efektivitas ini dilihat dari skor Mann Whitney U Test diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 serta skor mean rank dari post-test kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol.

Kata kunci: higher order thinking skill, HOTS , bimbingan klasikal, online

Diterbitkan

2023-04-03

Cara Mengutip

Widiatmoko, M., & Malasari Ardini, F. (2023). 15. Program Bimbingan Klasikal Berbasis Online Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Perserta Didik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 300–314. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4653

Citation Check