16. Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMAN 1 Cangkringan
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4689Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efeftivitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Cangkringan tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbinngan dan konseling dengan menggunakan dua siklus. Siklus 1 dimulai pada tanggal 4 Januari 2022 dan siklus 2 dimulai tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 26 Februari 2022. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X IPS1. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata nilai percaya diri sebesar 47,3 dan setelah selesai dilakukan pada siklus 2 hasilnya meningkat menjadi 96,0. Kesimpulan dalam penelitian in yaitu penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Cangkringan.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi, rasa percaya diri
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sunarti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.