16. Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMAN 1 Cangkringan

Penulis

  • Sunarti SMA Negeri 1 Cangkringan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4689

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efeftivitas bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Cangkringan tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbinngan dan konseling dengan menggunakan dua siklus. Siklus 1 dimulai pada tanggal 4 Januari 2022 dan siklus 2 dimulai tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 26 Februari 2022. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X IPS1. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata nilai percaya diri sebesar 47,3 dan setelah selesai dilakukan pada siklus 2 hasilnya meningkat menjadi 96,0. Kesimpulan dalam penelitian in yaitu penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Cangkringan.

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi, rasa percaya diri

Diterbitkan

2023-04-03

Cara Mengutip

Sunarti. (2023). 16. Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas X IPS 1 SMAN 1 Cangkringan. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(02), 315–324. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i02.4689

Citation Check