Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Sebagai Need Assessment Pembelajaran Berdiferensiasi

Penulis

  • Akhmad Sugianto Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Mitha Suci Qomariah Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Annastya Nur Alisha Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4696

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi peran guru BK dalam menganalisis gaya belajar siswa sebagai need assessment pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner gaya belajar. Teknik pengambilan sampel dengan stratified sampling yang berjumlah 160 sampel. Teknik analaisi data menggunakan deskriptif kulitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDIT Ukhuwah Banjarmasin dengan gaya belajar visual. Gaya belajar siswa kelas 4, 5 dan 6 adalah kinestetik. Peran guru BK dalam penerapan pemebelajaran berdiferensiasi adalah memberikan layanan konseling, koordinator, konsultan, agen perubahan, dan asesor. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru BK dan mata pelajaran dapat berkolaborasi dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan peran masing-masing sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannnya serta dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Kata kunci: peran guru BK, gaya belajar, pembelajaran berdiferensiasi

Diterbitkan

2023-05-17

Cara Mengutip

Akhmad Sugianto, Mitha Suci Qomariah, & Annastya Nur Alisha. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Sebagai Need Assessment Pembelajaran Berdiferensiasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 520–531. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4696

Citation Check