Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Sebagai Need Assessment Pembelajaran Berdiferensiasi
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4696Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi peran guru BK dalam menganalisis gaya belajar siswa sebagai need assessment pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner gaya belajar. Teknik pengambilan sampel dengan stratified sampling yang berjumlah 160 sampel. Teknik analaisi data menggunakan deskriptif kulitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SDIT Ukhuwah Banjarmasin dengan gaya belajar visual. Gaya belajar siswa kelas 4, 5 dan 6 adalah kinestetik. Peran guru BK dalam penerapan pemebelajaran berdiferensiasi adalah memberikan layanan konseling, koordinator, konsultan, agen perubahan, dan asesor. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa guru BK dan mata pelajaran dapat berkolaborasi dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah sesuai dengan peran masing-masing sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannnya serta dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Kata kunci: peran guru BK, gaya belajar, pembelajaran berdiferensiasi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Akhmad Sugianto, Mitha Suci Qomariah, Annastya Nur Alisha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.