Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Peserta Didik

Penulis

  • Putri Aprilia Universitas Kristen Satya Wacana , Indonesia
  • Tritjahjo Danny Soesilo Universitas Kristen Satya Wacana , Indonesia
  • Sapto Irawan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4725

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying peserta didik kelas XII SMK PGRI 2 Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling sebanyak 84 peserta didik sesuai dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen skala dengan 4 alternatif jawaban. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik kendall’s tau-b dengan bantuan IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying peserta didik kelas XII SMK PGRI 2 Salatiga. Hasil tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 < 0,01 dan koefisien korelasi (r) sebesar -0,556. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, kesimpulan pada penelitian ini yakni adanya hubungan negatif signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku bullying.

Kata kunci: kecerdasan emosional, perilaku bullying, peserta didik

Diterbitkan

2023-05-13

Cara Mengutip

Aprilia, P., Tritjahjo Danny Soesilo, & Irawan, S. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Peserta Didik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 499–507. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4725

Citation Check