Model Konseptual Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Madrasah

Penulis

  • suliki Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Mami Hajaroh Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Aris Fauzan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4750

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model konseptual kepemimpinan kepala madrasah muhammadiyah Bantul dalam mengembangkan madrasah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di MTs Muhammadiyah Bantul. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan siswa. Pengumpulan data mengguanakana teknik observasi langsung, observasi partisipan, dokumentasi, wawancara, rekaman arsip dan perangkat fisik sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan kategori, Interpretasi langsung, membentuk pola, dan mengembangkan generalisasi naturalistik. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini kepemimpinan kepala madrasah muhammadiyah Bantul dalam mengembangkan madrasah menggunakan 2 model yaitu: model kepemimpinan transformasional dalam mengembangkan SDM, dan kurikulum kemudian menggunakan model kepemimpinan partisipatif dalam mengembangkan sarana dan prasarana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model kepemimpinan transformasional di MTs Muhammadiyah Bantul mentransformasi kompetensi sumber daya manusia dari biasa menjadi profesional mentransformasi visi dan misi sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat sedangkan model kepemimpinan partisipatif melibatkan semua pihak dan terbuka.

Kata kunci: kepemimpinan, model konseptual, madrasah

Diterbitkan

2023-07-15

Cara Mengutip

suliki, Mami Hajaroh, & Aris Fauzan. (2023). Model Konseptual Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Madrasah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 162–174. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4750

Citation Check