Pengembangan E-Modul Berbasis CTL Berupa Flipbook Untuk Meningkatkan Minat Dan Bakat Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4810Abstrak
E- Modul berbasis CTL berupa flipbook cara untuk membantu pembelajaran dengan menggunakan sarana teknologi, diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran siswa tanpa mengeluarkan banyak biaya, sesuai dengan bidang keahliannya, terorganisir dengan cermat, fleksibel dalam penggunaannya. Penelitian ini menggunakan Model ADDIE. Model ADDIE merupakan teknik penelitian yang membantu dalam analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan E-Modul berbasis CTL berupa flipbook untuk meningkatkan minat dan bakat memperoleh hasil 1.426 dari nilai maksimum 1.836 dan hasil akhir 77,6 termasuk dalam kategori sangat baik, dengan ini memberikan pernyataan produk layak untuk digunakan. Kesimpulan dalam peneltian ini bahwa 1) E-Modul berbasis CTL dalam bentuk flipbook ini mendapatkan hasil yang sangat baik, sesuai dengan hasil penilaian kualitas dari para ahli dan 2) E-Modul berbasis CTL berupa flipbook termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan bisa digunakan untuk meningkatkan minat dan bakat siswa SMK.
Kata kunci: e-modul, ctl, flipbook, minat dan bakat
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dendi Advis Faizhal, Ulfa Danni Rosada
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.