Pendekatan Bimbingan Kelompok Teknik Menulis Ekspresif Untuk Meningkatkan Kebahagiaan Siswa

Penulis

  • Nabilah Hibatulloh Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Juntika Nurihsan Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nandang Rusmana

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4848

Abstrak

Berbagai permasalahan siswa mengalami stress akademik, depresi sehingga kebahagiaan yang dimiliki dirasa kurang optimal dan juga berpengaruh terhadap kehidupannya. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik menulis ekspresif efektif untuk meningkatkan kebahagiaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan desain studi kepustakaan atau literatur. Pengumpulan data yang digunakan berupa referensi teks pada jurnal dan buku yang relevan sesuai dengan bidang kajian yang berkaitan dengan peningkatan kebahagiaan siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik menulis ekspresif. Analisis yang dilakukan adalah dengan menghubungkan dan membandingkan, memaparkan, dan menyimpulkan hasil temuan yang dijadikan referensi atau bahan kajian dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah menunjukkan bahwa menulis ekspresif dapat digunakan dalam meningkatkan kebahagiaan pada siswa, karena dengan pelaksanaan menulis ekspresif mampu untuk menggali bagaimana pikiran, perasaan, sikap dan tindakan yang dilakukan siswa agar dapat mengembangkan diri secara optimal.

Kata kunci: menulis ekspresif, kebahagiaan, bimbingan kelompok

Biografi Penulis

Juntika Nurihsan, Universitas Pendidikan Indonesia

Prof. Dr. Juntika Nurihsan, M.Pd. Guru Besar

NIP. 196606011991031005
NIDN. 000106602
Scopus ID. 57211352628
SINTA ID. 5987356

Nandang Rusmana

Prof. Dr. Nandang Rusmana, M.Pd. Guru Besar

NIP. 196005011986031003
NIDN. 0001056005
Scopus ID. 57211742381
SINTA ID. 5995335

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Nabilah Hibatulloh, Nurihsan, J., & Rusmana, N. (2023). Pendekatan Bimbingan Kelompok Teknik Menulis Ekspresif Untuk Meningkatkan Kebahagiaan Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 380–390. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4848

Citation Check