Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Asertif Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4859Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif peserta didik kelas X di SMAN 5 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 432 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini terdapat 207 peserta didik dengan pengambilan sampel dengan Solvin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala dengan 4 alternatif jawaban. Data penelitian dianalisis menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirno Test. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif peserta didik kelas X. Hasil tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan 0,004 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,201. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, kesimpulan pada penelitian ini yakni adanya hubungan positif signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif.
Kata kunci: kepercayaan diri, perilaku asertif, peserta didik
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ferninda Rahardiyana Putri, Heri Saptadi Ismanto, Leni Iffah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.