Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Asertif Peserta Didik

Penulis

  • Ferninda Rahardiyana Putri Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Leni Iffah Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4859

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif peserta didik kelas X di SMAN 5 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 432 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini terdapat 207 peserta didik dengan pengambilan sampel dengan Solvin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala dengan 4 alternatif jawaban. Data penelitian dianalisis menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirno Test.  Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif peserta didik kelas X. Hasil tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan 0,004 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,201. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, kesimpulan pada penelitian ini yakni adanya hubungan positif signifikan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif.

Kata kunci: kepercayaan diri, perilaku asertif, peserta didik

Diterbitkan

2023-11-01

Cara Mengutip

Rahardiyana Putri, F., Heri Saptadi Ismanto, & Leni Iffah. (2023). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Perilaku Asertif Peserta Didik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 397–403. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4859

Citation Check