Identifikasi Tentang Etika Digital Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Iis Lathifah Nuryanto Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Herwinda Putri Daniswari Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Anggi Sulistiyantoro Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Aida Nur Asyifa Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Septia Nadia Virani Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4865

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis tentang gambaran secara umum etika digital peserta didik di SD Patran Gampig-Sleman DIY. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket etika digital peserta didik. Sasaran penelitian ialah peserta didik SD Patran, Gamping-Sleman DIY. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menyajikan deskripsi hasil olah data statistika. Hasil penelitian yang diperoleh tentang profil etika dgital peserta didik SD Patran Gamping cenderung pada kategorisangat tinggi sebesar 37,42%. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa SD Patran sudah memiliki etika digital yang baik dengan indikator yaitu memiliki tata cara yangbaik dalam berselancardi duniadigital, memiliki pengetahuan tentang informasi hoax dan memahami dengan baik tata cara berkomunikasi di dunia digital  

Kata kunci: etika digital, peserta didik, sekolah dasar

Diterbitkan

2023-06-18

Cara Mengutip

Nuryanto, I. L., Herwinda Putri Daniswari, Anggi Sulistiyantoro, Aida Nur Asyifa, & Septia Nadia Virani. (2023). Identifikasi Tentang Etika Digital Peserta Didik Di Sekolah Dasar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 656–661. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4865

Citation Check