Profil Tingkat Self-help Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Penulis

  • Farosi Illiyun Jauharah Universitas PGRI Adi Buana, Indonesia
  • Muwakhidah Universitas PGRI Adi Buana, Indonesia
  • Nabilla Putri Qurr'aeni Universitas PGRI Adi Buana, Indonesia
  • Nina Rahmawati Universitas PGRI Adi Buana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4871

Abstrak

Self-help adalah upaya seseorang dalam meningkatkan kondisi mental, emosional, fisik, seseorang itu sendiri melalui berbagai macam cara yang bisa dilakukan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-help siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa SMA dengan populasi kelas 12 yang berjumlah 450 siswa, sedangkan sampelnya adalah 45 siswa yang diperoleh dengan menggunakan metode random sampling. Instrumen dalam penelitian ini mempergunakan angket self-help yang dikembangkan oleh peneliti. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini yakni teknik statistik deskriptif. Hasil analisis data didapatkan bahwa sebanyak 2 siswa SMA (4,44%) berada pada kategori rendah, sebanyak 21 siswa SMA (46,66%) berada pada kategori sedang, dan sebanyak 22 siswa SMA (48,88%) berada pada kategori tertinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagian besar tingkat self-help siswa SMA berada pada kategori tinggi dan memberikan gambaran bahwa diperlukannya penanganan terkait penolongan diri agar siswa SMA memiliki kesehatan secara emosional.

Kata kunci: profil, self-help, siswa SMA

Diterbitkan

2024-03-10

Cara Mengutip

Farosi Illiyun Jauharah, Muwakhidah, Qurr’aeni, N. P., & Nina Rahmawati. (2024). Profil Tingkat Self-help Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1108–1113. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4871

Citation Check