Urgensi Asesmen Bimbingan dan Konseling Di Sekolah

Penulis

  • Tri Putri Amelia S Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Marsal Yunas Muliadi Hasibuan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Jamiatul Ilmi Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia
  • Wahidah Fitriani Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4877

Abstrak

Program BK yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tahapan tugas perkembangannya tentu akan meningkatkan kemampuan siswa untuk memiliki wawasan dan kesadaran diri untuk mengembangkan potensi pada aspek pribadi, sosial, belajar dan karir ini berdasarkan literasi yang di baca penulis.  Dalam penelitian ini menggunakan metode Literature Review (kepustakaan) yang bertujuan untuk menghimpun dan menganalisis hasil penelitian terkait urgensi asesmen BK di sekolah.  Hasil penelitian ditemukan konselor sekolah terburu buru dalam melakukan penilaian (assessment) dan merumuskan program bimbingan konseling yang berdampak pada efektivitas, efisiensi dan capaian layanan yang diharapkan. Konselor sekolah harus memahami urgensi asesmen BK di sekolah. Evaluasi dapat dilaksanakan untuk meningkatkan profesionalitas konselor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen BK di sekolah memiliki kedudukan yang penting terutama dalam penyusunan program BK, pelaksanaan layanan BK dan evaluasi kinerja. Hasil penelitian banyak ditemukan konselor sekolah terburu buru dalam melakukan assessment, merumuskan program BK yang berdampak pada efektivitas, efisiensi dan capaian layanan yang diharapkan.

Kata kunci: urgensi asesmen, program bimbingan dan konseling, sekolah

Diterbitkan

2024-03-12

Cara Mengutip

Tri Putri Amelia S, Marsal Yunas Muliadi Hasibuan, Jamiatul Ilmi, & Wahidah Fitriani. (2024). Urgensi Asesmen Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1114–1124. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4877

Citation Check