Kompetensi Hidup Damai Pada Remaja Single Sex School

Penulis

  • Esty Noorbaiti Intani Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ilfiandra Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Eka Sakti Yudha Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4890

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi hidup damai remaja single sex school  di kelas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistika deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengungkap kompetensi hidup damai dengan skala likert. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan RASCH Model pada aplikasi Winstep. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 151 peserta didik kelas X baik laki-laki maupun perempuan di salah satu sekolah yang menerapkan sistem single sex school di Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa sebanyak 24 peserta didik berada pada kategori sangat damai, 106 peserta didik berada pada kategori damai, dan 21 peserta didik berada pada kategori belum damai. Dapat disimpulkan bahwa remaja single sex school kelas X sudah berada dalam keadaan damai.

Kata kunci: kompetensi hidup damai, remaja, single sex school

Diterbitkan

2023-11-11

Cara Mengutip

Noorbaiti Intani, E., Ilfiandra, & Yudha, E. S. (2023). Kompetensi Hidup Damai Pada Remaja Single Sex School . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 404–412. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4890

Citation Check