Kompetensi Hidup Damai Pada Remaja Single Sex School
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4890Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi hidup damai remaja single sex school di kelas X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistika deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengungkap kompetensi hidup damai dengan skala likert. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan RASCH Model pada aplikasi Winstep. Penelitian ini melibatkan sampel sebanyak 151 peserta didik kelas X baik laki-laki maupun perempuan di salah satu sekolah yang menerapkan sistem single sex school di Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa sebanyak 24 peserta didik berada pada kategori sangat damai, 106 peserta didik berada pada kategori damai, dan 21 peserta didik berada pada kategori belum damai. Dapat disimpulkan bahwa remaja single sex school kelas X sudah berada dalam keadaan damai.
Kata kunci: kompetensi hidup damai, remaja, single sex school
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Esty Noorbaiti Intani, Ilfiandra, Eka Sakti Yudha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.