Kontribusi Optimisme Dan Nilai Budaya Gawi Manuntung Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Penulis

  • Mitha Suci Qomariah Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Akhmad Sugianto Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia
  • Sulistiyana Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4904

Abstrak

Pentingnya menanamkan sikap optimisme dan nilai budaya gawi manuntung pada siswa, agar mampu mengikuti pembelajaran dengan disiplin serta suasana yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi optimisme dan nilai budaya gawi manuntung terhadap disiplin belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dengan teknik penarikan sampel jenuh, dengan jumlah sampel penelitian 130 orang siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kuala Kapuas.Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 9,259 dengan probabilitas 0.000. Karena probabilitas < 0.05 Jadi, dapat disimpulkan adanya kontribusi optimisme dan nilai budaya gawi manuntung terhadap disiplin belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuala Kapuas.

Kata kunci: optimisme, gawi manuntung, disiplin belajar

Diterbitkan

2024-01-03

Cara Mengutip

Mitha Suci Qomariah, Akhmad Sugianto, & Sulistiyana. (2024). Kontribusi Optimisme Dan Nilai Budaya Gawi Manuntung Terhadap Disiplin Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 581–587. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.4904

Citation Check