Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 33 Bekasi

Penulis

  • Tomy Dwi Apriyanto Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Asni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.4910

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas konseling Rational Emotif Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest desain. populasi terjangkau di penelitian ini ialah siswa SMPN 33 Bekasi kelas VIII.3 yang berjumlah 43 siswa dan Sampel penelitian ini sebanyak 10 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling. Instrument penelitian ini  menggunakan kuesioner yang digunakan dengan skala model likert. Teknik analisis data memakai perhitungan uji T Wilcoxon. Hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan SPSS dii dapatkan hasil Asymp. Sig (2-Tailed) bernilai 0,005 < 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa konseling kelompok dengan REBT dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa yang dapat di lihat melalui perubahan setelah di berikan layanan konseling dengan teknik REBT.

Kata kunci: kepercayaan diri, REBT, konseling kelompok

Diterbitkan

2024-06-20

Cara Mengutip

Tomy Dwi Apriyanto, & Asni. (2024). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMPN 33 Bekasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1733–1742. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.4910

Citation Check