Pengembangan Modul Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah

Penulis

  • Ridni Eliza Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Riska Ahmad Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mega Iswari Biran Asnah Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Afdal Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4947

Abstrak

Tujuan penelitian ini 1) untuk menghasilkan modul bimbingan karir, dan 2) untuk meningkatkan kematangan karir siswa sekolah menengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Adapun subjek penelitian dalam penelitian yang mana tahap uji validitas subjek penelitian nya adalah 3 orang ahli isi dalam bidang BK dan ahli desain. Pada tahap uji praktikalitas subjek penelitiannya Guru BK, dan Siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validasi isi dan tampilan, angket uji praktikalitas, dan angket kematangan karir. Teknik analisis datanya yaitu uji kendalls dan wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul bimbingan karir sudah valid secara isi dan tampilan dengan persentase 85% untuk aspek isi dan 93% untuk aspek tampilan berada pada kategori sangat layak, selanjutnya modul juga praktis persentase 83% berada pada kategori sangat layak, dan modul yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kematangan karir siswa sekolah menengah.

Kata Kunci : pengembangan, modul, bimbingan karir, kematangan karir

Diterbitkan

2023-06-25

Cara Mengutip

Ridni Eliza, Riska Ahmad, Mega Iswari Biran Asnah, & Afdal. (2023). Pengembangan Modul Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 671–682. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4947

Citation Check