Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4948Abstrak
Kontrol diri merupakan suatu kemampuan dimana remaja dapat mengendalikan dirinya. Jika pengendalian diri berhasil ditingkatkan maka, tinggi kontrol diri yang dimiliki. Sebaliknya, rendahnya kontrol diri yang dimiliki mengidentifikasi mereka kurang bisa mengendalikan dirinya. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan bahan layanan informasi untuk meningkatkan kontrol diri siswa sekolah menengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan sasaran pemakai produk yaitu Guru BK . Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan layanan informasi yang dikembangkan sudah valid secara isi dan desain, praktis serta efektif untuk meningkatkan kontrol diri siswa sekolah menengah. Bahan layanan informasi yang dikembangkan ini hanya sebatas pada uji coba kelompok kecil, Yang mana hasil yang didapat terjadi peningkatan kontrol diri sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan menggunakan bahan layanan.
Kata Kunci: layanan informasi, kontrol diri, siswa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nadyya Nulhusni, Herman Nirwana, Yeni Efrita
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.