Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah

Penulis

  • Nadyya Nulhusni Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Herman Nirwana Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Yeni Efrita Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batipuh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4948

Abstrak

Kontrol diri merupakan suatu kemampuan dimana remaja dapat mengendalikan dirinya. Jika pengendalian diri berhasil ditingkatkan maka, tinggi kontrol diri yang dimiliki. Sebaliknya, rendahnya kontrol diri yang dimiliki mengidentifikasi mereka kurang bisa mengendalikan dirinya. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan bahan layanan informasi untuk meningkatkan kontrol diri siswa sekolah menengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Rank Test.  Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan sasaran pemakai produk yaitu Guru BK . Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan layanan informasi yang dikembangkan sudah valid secara isi dan desain, praktis serta efektif untuk meningkatkan kontrol diri siswa sekolah menengah. Bahan layanan informasi yang dikembangkan ini hanya sebatas pada uji coba kelompok kecil, Yang mana hasil yang didapat terjadi peningkatan kontrol diri sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan menggunakan bahan layanan.

Kata Kunci: layanan informasi, kontrol diri, siswa

Diterbitkan

2023-06-23

Cara Mengutip

Nadyya Nulhusni, Herman Nirwana, & Yeni Efrita. (2023). Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 662–670. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4948

Citation Check