Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Santri
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4980Abstrak
Dalam rangka meningkatkan self regulated learning pada siswa kelas XI di Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu Sumatera Utara penelitian ini bertujuan untuk menilai efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperiment design dengan desain nonequivalent. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 63 orang, dan sampel yang diambil sebanyak 10 orang dengan kriteria santri yang memiliki self regulated learning rendah. Dalam penelitian ini, metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Karena T-test kelompok eksperimen adalah 0,007<0,05 penelitian menunjukkan bahwa pre-test dan post-test berbeda secara signifikan. Terdapat perbedaan yang signifikan 0,006<0,05 antara pre-test dan post-test pada T-test yang dilakukan oleh kelompok kontrol. Dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik self management efektif untuk meningkatkan self regulated learning bagi santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu.
Kata kunci: bimbingan kelompok, self management, self regulated learning
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wanda widiya Wanda, Ahmad Syarqawi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.