Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Santri

Penulis

  • Wanda Widiya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ahmad Syarqawi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4980

Abstrak

Dalam rangka meningkatkan self regulated learning pada siswa kelas XI di Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu Sumatera Utara penelitian ini bertujuan untuk menilai efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperiment design dengan desain nonequivalent. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 63 orang, dan sampel yang diambil sebanyak 10 orang dengan kriteria santri yang memiliki self regulated learning rendah. Dalam penelitian ini, metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Karena T-test kelompok eksperimen adalah 0,007<0,05 penelitian menunjukkan bahwa pre-test dan post-test berbeda secara signifikan. Terdapat perbedaan yang signifikan 0,006<0,05 antara pre-test dan post-test pada T-test yang dilakukan oleh kelompok kontrol. Dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik self management efektif untuk meningkatkan self regulated learning bagi santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu.

Kata kunci: bimbingan kelompok, self management, self regulated learning

Diterbitkan

2023-07-02

Cara Mengutip

Wanda Widiya, & Ahmad Syarqawi. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Self Regulated Learning pada Santri. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 1–8. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.4980

Citation Check