Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Penulis

  • Syifaul Kamilah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Asni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5015

Abstrak

Tujuan dari kegiatan  layanan bimbingan kelompok memakai Teknik problem solving untuk melihat keefektivan terhadap peningkatan  adversity quotient siswa. Objek penelitian ini menggunakan peserta didik kelas VIII E di SMPN 174 Jakarta. Sampel yang diambil yaitu 10 orang siswa untuk diberikan layanan. Pre experimental one group serta pre test pos test design sebagai metode dalam penelitian. Hipotesis penelitian ini perbandingan tingkatan adversity quotient saat sebelum diberikan layanan lalu setelah diberikan layanan. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan menunjukann bahwa terdapat perbandingan tingkatan adversity quotient sebelum dengan rata-rata 92,4% serta setelah diberikan layanan dengan rata-rata 132,2%. Analisis hipotesisi pada penelitian ini memakai uji Wilcoxon rank test, hasil nilai Z ialah -2.805 dengan Asymp Sig 0,005 < 0,05 hingga hasil hipotesis kerja alternatif (Ha) diterima. Kesimpulan yang dapat diambil terdapat perbandingan adversity quotient siswa kelas VIII E di SMPN 174 Jakarta saat sebelum serta sehabis dilaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik pemecahan masalah, adversity quotient

Diterbitkan

2024-04-16

Cara Mengutip

Kamilah, S., & Asni. (2024). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1233–1242. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5015

Citation Check