Pendidikan Bencana Melalui Permainan Labirin Edukasi

Penulis

  • Body Mutoharoh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Aris Fauzan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5024

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis alat permainan Labirin Edukasi (Larindu) sebagai pendekatan dalam pendidikan kebencanaan kepada anak di SD Muhika Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data diperoleh secara primer melalui wawancara kepada Kepala Sekolah SD Muhika Bantul dan Relawan Kebencanaan yang mendesain alat permainan Larindu. Data yang telah terkumpul akan dianalisis melalui tiga tahapan analisis seperti: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan dalam memainkan Larindu, anak-anak akan mengeksplorasi jalur-jalur tersebut untuk menemukan satu jalan keluar yang sudah didesain sesuai dengan titik kumpul pada peta. Hal ini dimaksudkan agar membantu anak untuk menghafal dan mengenali jalur-jalur evakuasi bencana sesuai dengan kelas nya masing-masing. Kesimpulan dalam permainan Larindu dapat membantu pengetahuan anak terhadap bencana dengan mendesain permainan labirin yang memiliki banyak jalur berliku, buntu dan bercabang untuk menemukan jalan keluar.

Kata kunci: permainan edukatif, pendidikan bencana, labirin edukasi

Diterbitkan

2024-04-14

Cara Mengutip

Mutoharoh, B., & Fauzan, A. (2024). Pendidikan Bencana Melalui Permainan Labirin Edukasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 1208–1220. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5024

Citation Check