Pengaruh Layanan Informasi Berbasis Media Audiovisual Terhadap Perilaku Pacaran Siswa

Penulis

  • Rahma Wati Harbi Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Imam Pribadi Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Marhani Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5093

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku negatif pacaran siswa dan memberikan layanan informasi berbasis media audiovisual untuk mencegah perilaku negatif dalam berpacaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan experiment desain one-group, pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII menggunakan teknik cluster random sampling berdasarkan hasil random terpilihlah satu kelas yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample t Test. Hasil penelitian berdasarkan Interpretasi Uji Paired Sample t Test jumlah nilai thitung  14.462 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005, maka H0 ditolak Ha diterima dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang di uji dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu terdapat pengaruh layanan informasi berbasis media audiovisual terhadap perilaku pacaran siswa. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan layanan informasi berbasis media audiovisual tingkat perilaku negatif pacaran siswa berada pada kategori rendah pada siswa SMP Negeri 3 Kota Palopo.

Kata kunci: layanan informasi, media audiovisual, perilaku pacaran siswa

Diterbitkan

2023-07-13

Cara Mengutip

Rahma Wati Harbi, Imam Pribadi, & Marhani. (2023). Pengaruh Layanan Informasi Berbasis Media Audiovisual Terhadap Perilaku Pacaran Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 145–154. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5093

Citation Check