Pengaruh Layanan Informasi Berbasis Media Audiovisual Terhadap Perilaku Pacaran Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5093Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku negatif pacaran siswa dan memberikan layanan informasi berbasis media audiovisual untuk mencegah perilaku negatif dalam berpacaran. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan experiment desain one-group, pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII menggunakan teknik cluster random sampling berdasarkan hasil random terpilihlah satu kelas yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample t Test. Hasil penelitian berdasarkan Interpretasi Uji Paired Sample t Test jumlah nilai thitung 14.462 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.005, maka H0 ditolak Ha diterima dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang di uji dalam penelitian ini dapat diterima, yaitu terdapat pengaruh layanan informasi berbasis media audiovisual terhadap perilaku pacaran siswa. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan layanan informasi berbasis media audiovisual tingkat perilaku negatif pacaran siswa berada pada kategori rendah pada siswa SMP Negeri 3 Kota Palopo.
Kata kunci: layanan informasi, media audiovisual, perilaku pacaran siswa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rahma Wati Harbi, Imam Pribadi, Marhani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.