Efektivitas Teknik Wants, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) Terhadap Kedisiplinan Positif Siswa Di SMP Negeri 3 Palopo

Penulis

  • Abd. Rasyid Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Marhani Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Taslim Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5107

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas teknik Want, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) dalam mengembangkan kedisiplinan posotif siswa SMPN 3 Palopo. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode one group pretest posttest design, yaitu membandingkan antara hasil pre-test dan post-test.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Palopo yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik WDEP efektif dan signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan positif siswa. Dari hasil uji T-Test diketahui Sig. (2-tailed) 0,000 maka 0,000 < 0,05. Melihat hasil tersebut maka teknik WDEP efektif untuk meningkatkan kedisiplinan positif siswa SMPN 3 Palopo. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat perubahan disiplin positif siswa SMPN 3 Palopo setelah diberikan teknik WDEP.

Kata kunci: disiplin positif, teknik WDEP, teknik konseling

Diterbitkan

2023-08-03

Cara Mengutip

Abd. Rasyid, Marhani, & Taslim. (2023). Efektivitas Teknik Wants, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) Terhadap Kedisiplinan Positif Siswa Di SMP Negeri 3 Palopo. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 263–270. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5107

Citation Check