Efektivitas Teknik Wants, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) Terhadap Kedisiplinan Positif Siswa Di SMP Negeri 3 Palopo
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5107Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas teknik Want, Doing, Evaluation, Planning (WDEP) dalam mengembangkan kedisiplinan posotif siswa SMPN 3 Palopo. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan metode one group pretest posttest design, yaitu membandingkan antara hasil pre-test dan post-test.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Palopo yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji T-Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknik WDEP efektif dan signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan positif siswa. Dari hasil uji T-Test diketahui Sig. (2-tailed) 0,000 maka 0,000 < 0,05. Melihat hasil tersebut maka teknik WDEP efektif untuk meningkatkan kedisiplinan positif siswa SMPN 3 Palopo. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat perubahan disiplin positif siswa SMPN 3 Palopo setelah diberikan teknik WDEP.
Kata kunci: disiplin positif, teknik WDEP, teknik konseling
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Abd. Rasyid, Marhani, Taslim
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.