Hubungan antara Self Efficacy Terhadap Academic Burnout University
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5111Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Efficacy dengan Academic Burnout pada mahasiswa prodi Pendidikan Jasmani dan Olahraga Universitas Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan analisis data menggunakan linear sederhana. populasi penelitian adalah mahasiswa prodi Pendidikan Jasmani dan Olahraga Universitas Muhammadiyah Palopo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sebanyak 155 sampel dari 260 populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis linear sederhana variabel Self-Efficacy terhadap variabel Academic Burnout diketahui bahwa Self Efficacy berpengaruh signifikan pada Academic Burnout dengan nilai sing 0,000 < 0,005 dan nilai koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai sebesar 74%, (74% (R2=0,740;Sing. 0,000). kesimpulan pada penelitian ini Self Efficacy memiliki hubungan yang signifikan terhadap Academic Burnout artinya, semakin tinggi Self Efficacy maka semakin rendah Academy Burnout.
Kata kunci: self efficacy, academic burnout, mahasiswa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nasuha, Septya Suarja, Imam Pribadi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.