Hubungan antara Self Efficacy Terhadap Academic Burnout University

Penulis

  • Nasuha Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Septya Suarja Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia
  • Imam Pribadi Universitas Muhammadiyah Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5111

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Efficacy dengan Academic Burnout pada mahasiswa prodi Pendidikan Jasmani dan Olahraga Universitas Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan analisis data menggunakan linear sederhana. populasi penelitian adalah mahasiswa prodi Pendidikan Jasmani dan Olahraga Universitas Muhammadiyah Palopo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sebanyak 155 sampel dari 260 populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis linear sederhana variabel Self-Efficacy terhadap variabel Academic Burnout diketahui bahwa Self Efficacy berpengaruh signifikan pada Academic Burnout dengan nilai sing 0,000 < 0,005 dan nilai koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai sebesar 74%, (74% (R2=0,740;Sing. 0,000). kesimpulan pada penelitian ini Self Efficacy memiliki hubungan yang signifikan terhadap Academic Burnout artinya, semakin tinggi Self Efficacy maka semakin rendah Academy Burnout.

Kata kunci: self efficacy, academic burnout, mahasiswa

Diterbitkan

2023-08-22

Cara Mengutip

Nasuha, Septya Suarja, & Imam Pribadi. (2023). Hubungan antara Self Efficacy Terhadap Academic Burnout University . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 285–293. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5111

Citation Check