Analisis Kepekaan Sosial Pada Siswa Madrasah Aliyah Laboratorium Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5112Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati, menilai serta mengungkapkan bagaimana sikap kepekaan sosial siswa di sekolah berdasarkan pengamatan peneliti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang merupakan studi untuk menemukan fakta dengan interprestasi yang tepat, yang melibatkan 8 orang siswa. Cara mendapatkan data penelitiannya dengan melakukan wawancara observasi dan dokumentasi. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik aksidental sampling dalam pengambilan sampelnya. Kemudian data yang didapatkan dikumpulkan menjadi satu kemudian data tersebut dipilah dan difokuskan pada hal-hal yang penting, setelah itu data dapat disajikan dalam bentuk narasi dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memaparkan bahwasannya kepekaan sosial di lingkungan sekolah sudah terbentuk dan terjalin hal ini tergambarkan dari para siswa yang perduli terhadap peristiwa yang terjadi di lingkungannya dan dengan ikhlas saling membantu. Dapat disimpulkan, siswa memiliki kepekaan sosial terlihat dari sikap para siswa yang singgap dan mau menolong ketika temannya, orang terdekatnya membutuhkan pertolongan.
Kata kunci: kepekaan sosial, bimbingan kelompok, teknik diskusi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Lailan Maharani, Sri Wahyuni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.