Layanan Konseling Individu Dalam Mengembangkan Asertifitas Siswa Remaja Yang Diasuh Oleh Single Father

Penulis

  • Rindi antika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nurhayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5116

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan asertifitas pada remaja, karena banyaknya kasus yang terjadi di lingkungan sekolah terhadap anak yang di asuh oleh single father sangat susah untuk asertif terhadap dirinya sendiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe studi kasus. Subjek berjumlah 5 orang 2 remaja single father, 2 orang guru bimbingan konseling, dan 1 koordinator kesiswaan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang diasuh oleh orang tua single father menunjukkan bahwa remaja tidak bisa asertif terhadap diri sendiri sebelum diberikan konseling individu dari guru bimbingan dan konseling di sekolah. Melalui layanan konseling individu, asertifitas remaja mengalami peningkatan. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa layanan konseling individu efektif dalam mengembangkan asertifitas remaja yang diasuh oleh single father di MAN 1 Medan.

Kata kunci: asertifitas, konseling individu, single father

Diterbitkan

2023-08-10

Cara Mengutip

antika, R., & Nurhayani. (2023). Layanan Konseling Individu Dalam Mengembangkan Asertifitas Siswa Remaja Yang Diasuh Oleh Single Father. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 271–277. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5116

Citation Check