Analisis Kebutuhan Layanan Bimbingan Untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Haryani Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Banu Setyo Adi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Kurniawati Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Tika Aprilia Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5167

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan layanan bimbingan dan  konseling untuk mengembangkan resiliensi siswa sekolah dasar. Data diperoleh melalui kuesioner yang berisi tentang pemahaman layanan bimbingan dan konseling, pelaksaanaan layanan bimbingan dan konseling, serta pemahaman guru kelas terhadap resiliensi. Penelitian ini melibatkan 108 guru kelas sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru terhadap layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar baru sekitar 20%, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar masih belum terencana dengan baik, sebagian besar guru telah memahami resiliensi namun belum mengembangkan resliliensi siswanya melalui pembelajaran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah diperlukan model layanan bimbingan dan konseling untuk guru kelas sekolah dasar dalam mengembangkan resiliensi siswa.

Kata kunci: layanan bimbingan, resiliensi, sekolah dasar

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Haryani, Banu Setyo Adi, Kurniawati, & Tika Aprilia. (2024). Analisis Kebutuhan Layanan Bimbingan Untuk Mengembangkan Resiliensi Siswa Sekolah Dasar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1356–1362. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5167

Citation Check