Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Penulis

  • Silvi Indah Ariyanah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Zaki Nur Fahmawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5252

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara kontrol diri dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku membolos. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 370 siswa. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan perilaku membolos, semakin tinggi dukungan teman sebaya yang positif maka semakin rendah perilaku membolos siswa SMK di Kecamatan Buduran. Kontribusi dukungan teman sebaya dengan perilaku membolos dengan nilai (R²) = 0.092 atau sebesar 9,2%. Selanjutnya, ada hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku membolos, semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah perilaku membolos siswa SMK di Kecamatan Buduran. Kontribusi kontrol diri dengan perilaku membolos dengan nilai (R²) = 0.082 atau sebesar 8.2%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kontrol diri dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku membolos siswa SMK di Kecamatan Buduran.

Kata kunci: kontrol diri, dukungan teman sebaya, perilaku membolos

Diterbitkan

2024-02-03

Cara Mengutip

Silvi Indah Ariyanah, & Nur Fahmawati, Z. (2024). Pengaruh Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 959–971. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5252

Citation Check