Validasi Tata Laksana Pelatihan Psychological Frist Aid untuk Meningkatkan Self-Efficacy Guru Melalui Virtual Synchronous Learning
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5291Abstrak
Kebutuhan akan program preventif terhadap gangguan kesehatan mental terus bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah permasalahan psikologis siswa. Kondisi tersebut diperparah dengan rendahnya self-efficacy guru. Salah satu peluang dalam menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan program preventif yang mudah dan sederhana melalui pemanfaatan teknologi internet. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan validasi tata laksana psychological frist aid menggunakan synchronous learning dan melihat efektivitas dalam meningkatkan self-efficacy pada guru. Metode penelitian dilakukan dengan eksperimen one group pretest-posttest design melalui virtual synchronous learning. Partisipan pada penelitian ini merupakan guru yang berjumlah 24 orang (N=24). Metode analisis data menggunakan wilcoxon matched-paired signed test. Hasil penelitian ini menunjukan pelatihan tata laksana psychological firs aid melalui virtual synchronous learning valid dan efektif untuk meningkatkan self-efficacy guru dalam memberikan dukungan awal kepada siswa yang mengalami gangguan psiklogis. Penggunaan virtual synchronous learning dalam pelatihan tetap dapat memberikan manfaat ketika dapat membangun komunikasi interaksi dan memberikan ruang untuk diskusi.
Kata kunci: psychological frist aid, guru, synchronous learning, efikasi diri
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ainurizan Ridho Rahmatulloh, Ratri Pratiwi, Rahimatussalisa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.