Pengembangan Panduan Keterampilan Self-Concept Dengan Teknik Psikodrama Untuk Mencegah Perilaku Perundungan Pada Peserta Didik

Penulis

  • Masnurrima Heriansyah Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Dwi Nugroho Hidayanto Universitas Mulawarman, Indonesia
  • Srigustina Universitas Mulawarman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5314

Abstrak

Penelitian bertujuan pengembangan panduan keterampilan self-concept dengan teknik psikodrama untuk mencegah perilaku bullying pada peserta didik. Jenis penelitian menggunakan research and development melalui tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpul data menggunakan skala konsep diri dalam perundungan. Subjek uji coba produk menggunakan uji ahli sebanyak 3 orang dan uji calon pengguna sebanyak 3 orang. Analisis menggunakan statistik deskriptif.  Hasil penelitian pengembangan panduan keterampilan self-concept dengan teknik psikodrama untuk mencegah perilaku perundungan pada peserta didik yang dikembangkan memiliki ketepatan dan kelayakan digunakan berdasarkan uji ahli dengan kategori sangat baik sebesar 88% dan uji calon pengguna masuk kategori sangat baik sebesar 89%. Penyusunan panduan meliputi kerangka acuan, petunjuk panduan, isi panduan, pemakaian bahasa, rencana layanan dan desain panduan. Simpulan penelitian adalah pengembangan panduan keterampilan self-concept dengan teknik psikodrama untuk mencegah perilaku perundungan pada peserta didik memenuhi kriteria dan layak digunakan dan dimanfaatkan oleh konselor dalam memberikan bantuan.

Kata kunci: panduan keterampilan self-concept, psikodrama, perundungan

Diterbitkan

2023-09-25

Cara Mengutip

Masnurrima Heriansyah, Dwi Nugroho Hidayanto, & Srigustina. (2023). Pengembangan Panduan Keterampilan Self-Concept Dengan Teknik Psikodrama Untuk Mencegah Perilaku Perundungan Pada Peserta Didik. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(01), 303–309. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5314

Citation Check