RIASEC: Need Assessment Peserta Didik dalam Bingkai Kurikulum Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5424Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji penggunaan instrumen RIASEC oleh guru BK dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan analisis data peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah RIASEC dapat digunakan oleh guru BK sebagai alat menganalisis kebutuhan peserta didik dengan didasari pada tipologi Holland. Instrumen ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk menyusun program dan mengungkap kebutuhan peserta didik dengan tetap mempertimbangkan aspek kepribadian, keinginan, maupun data-data mendukung lain dari peserta didik. Peneliti merekomendasikan untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan secara sistematis dalam mengoperasionalkan instrumen tersebut sehingga implementasi dapat dilakukan secara tepat dan terukur untuk kemaslahatan siswa.
Kata kunci: RIASEC, need assessment, instrumen
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Alridho Lubis, Nur Hasanah Harahap, Dinny Rahmayanty, Muhammad Zulfikar, Zubaidah, Yulianti, Freddi Sarman, Muhammad Ferdiansyah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.