RIASEC: Need Assessment Peserta Didik dalam Bingkai Kurikulum Merdeka Belajar

Penulis

  • Muhammad Alridho Lubis Universitas Jambi, Indonesia
  • Nur Hasanah Harahap Universitas Jambi, Indonesia
  • Dinny Rahmayanty Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Zulfikar Universitas Jambi, Indonesia
  • Zubaidah Universitas Jambi, Indonesia
  • Yulianti Universitas Jambi, Indonesia
  • Freddi Sarman Universitas Jambi, Indonesia
  • Muhammad Ferdiansyah Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5424

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji penggunaan instrumen RIASEC oleh guru BK dan hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan analisis data peserta didik. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah RIASEC dapat digunakan oleh guru BK sebagai alat menganalisis kebutuhan peserta didik dengan didasari pada tipologi Holland. Instrumen ini dapat dijadikan sebagai dasar untuk menyusun program dan mengungkap kebutuhan peserta didik dengan tetap mempertimbangkan aspek kepribadian, keinginan, maupun data-data mendukung lain dari peserta didik. Peneliti merekomendasikan untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan secara sistematis dalam mengoperasionalkan instrumen tersebut sehingga implementasi dapat dilakukan secara tepat dan terukur untuk kemaslahatan siswa.

Kata kunci: RIASEC, need assessment, instrumen

Diterbitkan

2024-06-26

Cara Mengutip

Lubis, M. A., Nur Hasanah Harahap, Dinny Rahmayanty, Muhammad Zulfikar, Zubaidah, Yulianti, … Muhammad Ferdiansyah. (2024). RIASEC: Need Assessment Peserta Didik dalam Bingkai Kurikulum Merdeka Belajar. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1818–1824. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5424

Citation Check