Dampak Akses Siswa Terhadap Bimbingan Karier Dan Konseling Dalam Pilihan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Pesantren Setelah Lulus dari Pesantren

Penulis

  • Afifudin Afifudin Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Yoto Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5657

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji dampak kemauan mengakses layanan bimbingan dan konseling terhadap pilihan karier siswa SMK berbasis pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di SMKS Darut Tauhid Bangil Pasuruan. Sampel siswa diambil melalui pemilihan sampel acak dan dibentuk Focus Group Discussion (FGD). Data dikumpulkan melalui wawancara dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Layanan bimbingan karier berperan untuk: membantu siswa dalam mengenal, mempersiapkan, dan merencanakan karier; membantu siswa untuk mengambil keputusan dalam perencanaan karier; dan membantu siswa memperoleh pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam pekerjaan. 2) Siswa yang aktif mengakses layanan bimbingan karier sudah memiliki pilihan karier yang jelas, memiliki informasi terkait karier yang baik dan memiliki perencanaan karier yang bagu. 3) Siswa yang tidak aktif mengakses layanan bimbingan karier belum memiliki pilihan karier yang pasti, kurang memiliki informasi terkait karier yang akan mereka ambil dan belum memiliki perencanaan karier yang jelas.

Kata kunci: SMK, pesantren, layanan bimbingan konseling, pilihan karir

Diterbitkan

2024-01-09

Cara Mengutip

Afifudin, A., & Yoto. (2024). Dampak Akses Siswa Terhadap Bimbingan Karier Dan Konseling Dalam Pilihan Karier Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Pesantren Setelah Lulus dari Pesantren. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 661–671. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5657

Citation Check