EVALUASI SUPERVISI EKSTRAKURIKULER PAI SMPDI KECAMATAN KOKAP DAN PANJATANKABUPATEN KULON PROGO

Penulis

  • Widodo - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i1.57

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi supervisi ekstrakurikuler PAI SMP di Kecamatan Kokap dan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Evaluasi meliputi aspek desain, input, proses dan hasil supervisi ekstrakurikuler PAI. Jenis penelitian menggunakan metoda kualitatif dengan pendekatan diskriptif evaluatif dan data kualitatif model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Responden dalam penelitian adalah pengawas madya PAI berjumlah 2 orang dan guru Pendidikan Agama Islam berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kesenjangan pada indikator desain supervisi, terdapat kesenjangan pada indikator input supervisi, terdapat kesenjangan pada indikator prosesdan hasil supervisi. Secara umum masih terjadi kesenjangan pada pelaksanaan supervisi ekstrakurikuler PAI SMP di Kecamatan Kokap dan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Maka direkomendasikan pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi ekstrakurikuler PAI hendaknya dilaksanakan sesuai dengan program supervisi agar kualitas proses kegiatan ekstrakurikuler PAI di sekolah dapatt meningkat. Kata kunci: evaluasi, supervisi ekstrakurikuler

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

-, W. (2019). EVALUASI SUPERVISI EKSTRAKURIKULER PAI SMPDI KECAMATAN KOKAP DAN PANJATANKABUPATEN KULON PROGO. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i1.57

Citation Check