Peran Grandparenting Dalam Mendukung Kemandirian Remaja Putus Sekolah Di Desa Petatal Batubara Sumatera Utara Indonesia

Penulis

  • Resha Khofila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Misrah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5771

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua pengganti (Grandparenting) dalam mendukung kemandirian remaja putus sekolah di Desa Petatal Batubara Sumatera Utara Indonesia khususnya kemandirian dari segi emosional. Subjek dari penelitian adalah remaja putus sekolah dan orang tua pengganti (Grandparenting) sedangkan objeknya adalah kasus pola asuh Grandparenting dalam pembentukan kemandirian remaja putus sekolah. Pembahasan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus instrinsik. Penelitian ini dilakukan karena ketertarikan atau kepedulian peneliti terhadap suatu kasus khusus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat adanya peran Grandparenting dalam mendukung kemandirian remaja putus sekolah khususnya dari segi emosional di Desa Petatal Batubara Sumatera Utara Indonesia ini. Kesimpulan dari penelitian ini Grandparenting sangat berperan dalam membentuk kemandirian remaja putus sekolah dan Granparenting sangat mendukung kemandirian remaja putus sekolah khususnya dari segi emosional. Peran yang diberikan Grandparents merupakan bentuk arahan seperti bimbingan agar remaja tersebut mampu mengontrol dirinya, pikirannya, tindakannya, serta kasih sayang dan memfasilitasi.

Kata kunci: grandparenting, remaja putus sekolah, kemandirian emosional

Diterbitkan

2024-01-15

Cara Mengutip

Khofila, R., & Misrah. (2024). Peran Grandparenting Dalam Mendukung Kemandirian Remaja Putus Sekolah Di Desa Petatal Batubara Sumatera Utara Indonesia. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 801–808. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5771

Citation Check