Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Dan Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Penulis

  • Mery Fittria Universitas Islam Negeri Sumatera Utara , Indonesia
  • Syamsu Nahar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Fibri Rakhmawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5772

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh ekstrakurikuler Hizbul Wathan dan budaya sekolah dalam pembentukan karakter Islami siswa. Kegiatan ini melibatkan 76 siswa, menekankan pentingnya doa, kesantunan, dan pakaian Islami dalam kehidupan sekolah. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah berkontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter, dengan nilai konstanta α = 0.393 untuk Hizbul Wathan dan α = 0.224 untuk budaya sekolah. Uji F menghasilkan nilai F-hitung 84.460, lebih tinggi dari Ftabel 3.124. Nilai t-hitung untuk Hizbul Wathan adalah 2.728 dan untuk budaya sekolah adalah 2.606, keduanya melebihi 1.666. Adjusted R square sebesar 0.766 (76.6%) menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah secara signifikan menjelaskan pembentukan karakter, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata kunci: ekstrakurikuler hizbul wathan, motivasi belajar, budaya sekolah, pembentukan karakter

Diterbitkan

2024-01-12

Cara Mengutip

Mery Fittria, Syamsu Nahar, & Fibri Rakhmawati. (2024). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Dan Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 751–762. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5772

Citation Check