PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA

Penulis

  • Suharni - Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i1.59

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh disiplin belajar terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta; dan (3) Pengaruh kedisiplin belajar serta motivasi belajar terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jenis penelitian ini ex-post facto dengan populasi penelitian ini 149 Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian: (1) Disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kreativitas Belajar mahasiswa; (2) Motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa; dan (3) Disiplin belajar serta motivasi belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kreativitas Balajar Mahasiswa dengan nilai Ry 1,2= 0,394 > 0,206 r-tabel serta nilai Fhitung (8,55) > Ftabel . Kata kunci: disiplin belajar, motivasi belajar, kreativitas belajar

Diterbitkan

2019-02-06

Cara Mengutip

-, S. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR MAHASISWA. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i1.59

Citation Check