Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Penulis

  • Wahyu Fitriana Universitas Jambi, Indonesia
  • Yulianti Universitas Jambi, Indonesia
  • Akmal Sutja Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5900

Abstrak

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda dalam mengerjakan tugas akademik. Sedangkan hasil belajar merupakan kemampuan siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Prokrastinasi akademik ditunjukan dengan siswa yang sering telat mengumpulkan tugas, tugas yang tidak selesai dan banyak melakukan hal yang lebih menyenangkan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat dan pengaruh prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 219 siswa. Sampel sebanyak 80 orang siswa yang diambil dengan teknik Random sampling. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik dan leger nilai hasil belajar siswa kelas VIII semester ganjil T.A 2022/2023. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat prokrastinasi akademik berada dikategori sedang (42,06%) dan hasil belajar berada di kategori sangat tinggi (90,12%). Sedangkan nilai determinasi berada pada kategori rendah tapi pasti (11,6%).

Kata kunci: prokrastinasi akademik, hasil belajar, siswa SMP

Diterbitkan

2024-05-03

Cara Mengutip

Wahyu Fitriana, Yulianti, & Akmal Sutja. (2024). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1406–1412. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5900

Citation Check