Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)
DOI:
https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5902Abstrak
Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi terkadang di salah gunakan oleh kalangan remaja. Biasanya dampak kondisi kesehatan yang kecanduan game online adalah penurunan konsentrasi belajar, mengganggu fungsi daya ingat, dan sebagainya. Jenis penelitian kuantitatif metode expost facto. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi yang bermain game online jumlah 261 siswa. Teknik pengambilan sampel purposive sampling jumlah sampel 76 siswa, kriteria bermain game online 3 jam perhari atau lebih, bermain game mobile legends. Teknik pengumpulan data menyebar angket. Teknik analisis data uji presentase, uji normalitas data, uji linearitas, uji analisis regresi sederhana, bantuan program SPSS V.2.6. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecanduan game online presentasenya 60,7 %, tingkat konsentrasi belajar presentasenya 64,9 %. Hasil uji analisis regresi sederhana diketahui pengaruh negatif artinya variabel X -0,853 meningkat maka variabel Y 108,421 mengalami penurunan pada ukuran tertentu. Koefisien determinasi kecanduan game online dan konsentrasi belajar 0,959. Maka penelitian menunjukkan 95,9% terdapat pengaruh negatif antara variabel kecanduan game online dan konsentrasi belajar.
Kata kunci: kecanduan game online, konsentrasi belajar, siswa SMP
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Feby Kurnia Wijaya, Yulianti, Akmal Sutja
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.