Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Penulis

  • Feby Kurnia Wijaya Universitas Jambi, Indonesia
  • Yulianti Universitas Jambi, Indonesia
  • Akmal Sutja Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5902

Abstrak

Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi terkadang di salah gunakan oleh kalangan remaja. Biasanya dampak kondisi kesehatan yang kecanduan game online adalah penurunan konsentrasi belajar, mengganggu fungsi daya ingat, dan sebagainya. Jenis penelitian kuantitatif metode expost facto. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi yang bermain game online jumlah 261 siswa. Teknik pengambilan sampel purposive sampling jumlah sampel 76 siswa, kriteria bermain game online 3 jam perhari atau lebih, bermain game mobile legends. Teknik pengumpulan data menyebar angket. Teknik analisis data uji presentase, uji normalitas data, uji linearitas, uji analisis regresi sederhana, bantuan program SPSS V.2.6. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecanduan game online presentasenya 60,7 %, tingkat konsentrasi belajar presentasenya 64,9 %. Hasil uji analisis regresi sederhana diketahui pengaruh negatif artinya variabel X -0,853 meningkat maka variabel Y 108,421 mengalami penurunan pada ukuran tertentu. Koefisien determinasi kecanduan game online dan konsentrasi belajar 0,959. Maka penelitian menunjukkan 95,9% terdapat pengaruh negatif antara variabel kecanduan game online dan konsentrasi belajar.

Kata kunci: kecanduan game online, konsentrasi belajar, siswa SMP

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Feby Kurnia Wijaya, Yulianti, & Akmal Sutja. (2024). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) . G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1387–1394. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5902

Citation Check