Implementasi Metode Ice Breaking dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Systematic Literature Review

Penulis

  • Silviawi Universitas Islam Negri Sumatera Utara, Indonesia
  • Nefi Darmayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6093

Abstrak

Rasa jenuh dan bosan dalam belajar yang dirasakan siswa, seharusnya menjadi perhatian sebagai solusi terbaik guna terselenggaranya pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis metode ice breaking khususnya dalam layanan bimbingan kelompok guna mengatasi kejenuhan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review. Sumber data yang digunakan berasal dari artikel yang dimulai dari tahun 2019-2023. Sebanyak 26 artikel dilakukan skrinning, 6 artikel dieksklusi. Assesment kelayakan sebanyak 20 artikel full text, dan tidak memenuhi 14 artikel penelitian, sehingga hanya 6 artikel full text yang dilakukan review. Hasil kajian menemukan bahwa metode ice breaking efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa namun beberapa sekolah juga belum melakukan metode ice breaking dalam layanan bimbingan kelompok secara efektif pula. Hal yang menyebabkan rendahnya pengimplementasian metode ice breaking dalam layanan bimbingan kelompok karena sekolah belum maksimal menerapkan layanan ini ditambah lagi belum ada guru profesional di bidang bimbingan dan konseling.

Kata Kunci: guru bimbingan dan konseling, ice breaking, layanan bimbingan kelompok

Diterbitkan

2024-05-30

Cara Mengutip

Silviawi, & Nefi Darmayanti. (2024). Implementasi Metode Ice Breaking dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Systematic Literature Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1591–1602. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6093

Citation Check